Pentingya List Building Dalam Bisnis Internet

Pentingya List Building Dalam Bisnis Internet

Pada artikel kali ini, secara singkat saya akan sharing apa saja yang harus dilakukan ketika kita ingin membangun List Building dalam bisnis yang kita jalankan

Apa sih LIST BUILDING itu? Secara umum dapat di artikan sebagai berikut : “LIST = Daftar / Database, sedangkan “BUIDLING” = Membangun.

Jadi kesimpulannya LIST BUILDING adalah = Membangun Daftar / Database

Sebagai pelaku bisnis online tentu membangun LIST / database adalah suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Hal ini sangat penting sekali mengingat LIST / Database merupakan ASET terpenting bagi pebisnis, sehingga apapun yang dikerjakannya akan selalu memberikan hasil yang  optimal.

LIST yang berkualitas bisa diibaratkan seperti mata air yang akan selalu memberikan kehidupan bagi pemiliknya

Membangun List building adalah suatu kegiatan yang akan selalu dibangun secara terus menerus. Dan kegiatan ini masih merupakan cara terbaik yang hingga saat ini wajib digunakan di model bisnis apapun.

Fakta membuktikan bahwa dengan memiliki List Building yang berkualitas, kita bisa menjual produk atau jasa apapun, bahkan bisa dilakukan tanpa harus memiliki atau membuat produk sendiri, tanpa modal besar dan tanpa ribet.

Mungkin saja Anda termasuk orang yang punya banyak ide-ide bisnis yang bagus, tetapi tanpa menerapkan konsep List Building dalam bisnisnya, tetap saja akan selalu mengalami kesulitan yang pada akhirnya akan membuat bisnis Anda kurang optimal dan bisa jadi tidak akan bertahan secara jangka panjang.

Lalu Bagaimana Cara Membangun List Building?

Hal utama yang dilakukan untuk membangun List Building adalah dengan menggunakan konsep email Email Marketing. Hingga saat ini, Email Marketing masih merupakan cara yang sangat efektif untuk mendapatkan list konversi dalam bisnis Anda.

Penjelasan sederhananya seperti ini :
Traffic mengunjungi Landing Page lalu memasukan kontak data melalui form di Landing Page yang akan membuat email list Anda bertambah, setelah itu Anda akan melakukan strategi Email Marketing hingga customer tersebut bisa berinteraksi atau bahkan melakukan transaksi dengan Anda. 

Saat ini, ada begitu banyak Provider Email Service yang bisa Anda temukan di luar sana. Namun kali ini Anda bisa memilih beberapa rekomendasi provider berikut ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu provider Email Marketing ini cukup mudah untuk diintegrasikan dengan Landing Page yang Anda gunakan

1. MailChimp

MailChimp sangat cocok bagi Anda yang masih memiliki budget terbatas untuk strategi Email Marketing. MailChimp memiliki “Forever Free Package” dengan fitur yang terbatas, namun untuk meningkatkan limit yang diberikan Anda diharuskan mengambil package berbayar.

MailChimp mungkin bisa menjadi pilihan terbaik buat Anda yang baru memiliki bisnis yang masih relatif kecil.

(+) Kelebihan

  • Menawarkan “Forever Free Package” yaitu Anda dapat mengirimkan hingga 12.000 Email perbulan jika Anda memiliki kurang dari 2000 subscribers.
  • Tidak memerlukan Credit Card untuk mendaftar di MailChimp.
  • Menyediakan Learning Course Gratis dengan menyediakan beberapa resources seperti video dan beberapa e-book gratis yang berisikan tips dan trik untuk membantu Anda menggunakan MailChimp secara maksimal.
  • Memiliki Analitik yang Lengkap dengan menyediakan report berisikan grafik data aktivitas dari campaign yang Anda telah buat.
  • Sudah terintegrasi dengan Google Analytic sehingga Anda akan mendapat insight tambahan di mana Anda bisa melihat seberapa besar aktivitas yang dihasilkan dari campaign Anda. sehingga akan lebih memudahkan Anda untuk membangun email list.
  • Dapat di akses melalui Mobile App untuk iPhone dan Android. Sehingga untuk Anda yang sering jauh dari laptop/pc, dengan mobile app MailChimp akan sangat membantu bisnis Anda.

(-) Kekurangan

Sulit melakukan Transisi dari Paket Forever Free. Jika pada paket Forever Free Anda bisa memiliki maksimal 2000 subscriber dengan 12.000 email per bulan secara gratis,  Namun jika Anda ingin menambah limit dari subscriber, Anda sudah tidak bisa menggunakan Paket Forever Free lagi.

Itu berarti, jika Anda ingin menambah jumlah pengiriman email, Anda harus meng-upgrade pada paket lainnya. Oleh karena itu, jika Anda ingin membangun email list dengan kapasitas besar, mungkin MailChimp bukan pilihan utama untuk bisnis Anda.

2. Aweber

Secara keseluruhan AWeber adalah provider Email Marketing software yang juga cukup populer karena memiliki sistem autoresponder dan performa yang sangat baik. Meski pada sisi meng-import contact terasa agak merepotkan, namun biasanya hal itu hanya terjadi sekali untuk Anda yang baru pertama kali memulai dengan menggunakan AWeber.

(+) Kelebihan

  • Memiliki Fitur Autoresponder yang Sangat Baik, yaitu memungkinkan untuk membuat proses bisnis secara otomatis dan memastikan leads Anda mendapatkan email yang tepat tentang bisnis Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat beberapa email series dan megatur jadwal untuk autoresponder.
  • Memiliki Banyak Pilihan Integrasi yang dapat mengintegrasikan provider Email Marketing Anda dengan online service lain yang memungkinan Anda lebih optimal dalam membangun email list. Contohnya: Anda dapat memasukan form AWeber email subscription pada website, blog, bahkan Facebook page sehingga leads Anda dapat melakukan sign up jauh lebih mudah.
  • Anda juga dapat mengintegrasikan akun AWeber Anda dengan banyak tool shopping cart yang memungkinkan Anda untuk memasukan customer baru kepada email list ketika mereka melakukan transaksi pada website Anda.
  • Jika Anda baru mulai menggunakan Email Marketing, AWeber juga menyediakan live webinar course, di mana Anda bisa mendapatkan intruksi secara real-time bahkan Anda juga bisa mengikuti sesi tanya jawab dengan AWeber experts langsung.
  • Menyediakan live webinar course, di mana Anda bisa mendapatkan intruksi secara real-time bahkan Anda juga bisa mengikuti sesi tanya jawab dengan AWeber experts langsung.
  • Analitik yang Lengkap dan mudah diakses melalui Dashboard. Anda juga bisa mendapatkan grafik seberapa banyak customer yang membuka email dan berapa banyak klik pada link di email Anda dan lain-lainnya lagi

Walaupun sebagian besar provider email marketing yang lain juga menyediakan akses untuk data customer, AWeber bisa dibilang salah satu yang terbaik di area ini.

(-) Kekurangan

Dibanding provider email marketing lain yang menawarkan cara meng-upload yang lebih variatif, Aweber masih memiliki kemampuan Import Data yang masih Terbatas. AWeber hanya menyediakan 2 metode untuk meng-import data email list, yaitu:

  • Meng-upload text secara manual
  • Meng-upload spreadsheet. AWeber menerima tipe data XLS, XLSX, TSV, CSV, dan TXT.

Namun hal seperti ini, tidak terlalu masalah ketika Anda sudah terbiasa melakukannya.

3. GetResponse

Saat ini GetResponse cukup populer dikalangan para Internet Marketer yang menggunakan strategi Email Marketing ini pada bisnisnya. Dengan menggunakan GetResponse, Anda dapat membuat email sekaligus memasukan embedded video, links, tombol sosial media Anda dan lainnya dengan mudah.

Anda juga dapat meng-import list Email secara cepat. Dan dengan tambahan autoresponder, GetResponse bisa menjadi pilihan yang cukup baik untuk bisnis Anda.

(+) Kelebihan :

  • Menyediakan Banyak Email Templates yang Variatif untuk berbagai tujuan campaign Anda
  • Design tampilannya yang nyaman & modern
  • Menyediakan Inbox Preview untuk email campaign di hampir semua Email Service termasuk Gmail dan Outlook.
  • Menyediakan tools untuk membantu membuat landing page hanya dengan Drag-and-Drop
  • Sangat baik dalam membuat Video Tutorial yang Akan sangat Membantu Strategi Email Marketing

(-) Kekurangan

Harus diakui bahwa GetResponse memang menawarkan jasa yang sangat baik untuk kebutuhan email marketing, namun sayangnya GetResponse tidak memiliki fitur “Automation”.

Automation artinya : Jika A menerima email Welcome dari Anda pertama kali dan membuka email tersebut, maka A akan masuk ke proses 1 dimana A akan kembali bisa menerima email kedua dari Anda.

Namun jika A tidak membuka email pertma Anda, ia akan masuk ke proses 2 di mana Anda akan mengirimkan email lain misalnya untuk menyapa A kembali.

Automation memang sangat penting dalam strategi Email Marketing, Namun jika Anda baru pertama kali memulai strategi Email Marketing, tidak adanya fitur Automation di GetResponse mungkin tidak akan terlalu menjadi masalah.

4. ActiveCampaign

Active Campaign adalah provider Email Marketing untuk bisnis ukuran kecil sampai medium dengan menawarkan resources yang sangat lengkap untuk Anda yang baru memulai strategi Email Marketing. Active Campaign juga menawarkan campaign management yang powerful jika Anda adalah Internet Marketer yang sudah berpengalaman.

(+) Kelebihan

  • Menyediakan tool sederhana untuk membuat form sign-up yang dapat ditaruh di website ataupun di Facebook Page Anda.
  • Memiliki keunggulan dalam campaign automation dengan menawarkan tool-tool yang bisa digunakan untuk mentargetkan customer Anda.
  • Menyediakan integrasi dengan banyak sekali online customer management service yang membuat ActiveCampaign jauh lebih unggul dibandingkan dengan Email Marketing lainnya yang sejenis.

(-) Kekurangan

Active Campaign tidak mengijinkan Anda untuk mengirimkan email yang berisikan link affiliate produk lain atau affiliate marketing. Mungkin hal ini bukanlah pilihan yang bijak.

Namun, ada cara lain untuk bisa menjalankan Affiliate Marketing Campaign yaitu dengan membuat konten yang berkualitas dengan menyisipkan affiliate link kedalam email yang Anda kirimkan. Dengan begitu besar kemungkinan customer Anda bisa membuka link Affiliate pada email tersebut.

Yang patut dicatat adalah, jangan menjadikan affiliate link sebagai tujuan utama dari email campaign Anda jika ingin menggunakan Active Campaign.

Kesimpulan

Sekilas untuk membangun email list itu mungkin terdengar susah-susah gampang. Oleh karena itu untuk mulai membangun email list, Anda perlu juga mengetahui faktor-faktor lainnya yaitu cara mendatangkan traffic, cara penulisan email sehingga customer merasa dekat dengan Anda, dan lain-lainnya lagi.

Oke, itulah sekilas bagaimana cara membangun List Building dengan menggunakan konsep Email Marketing  berikut beberapa tools provider email marketing yang bisa Anda gunakan dalam bisnis online Anda.

Mudah-mudahan bisa bermanfaat & Sukses online selalu untuk Anda! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *